Dhammasena Photo Gallery

PERAYAAN HARI KATHINA 2559 B.E. / 20156

PERAYAAN HARI KATHINA 2559 B.E. / 2015, Bahujanahit¨¡ya Bahujanasukh¨¡ya, Hidup Untuk, Kesejahteraan dan Kebahagiaan Makhluk Lain, Minggu, 08 November 2015

Perayaan hari Kathina merupakan peringatan hari bakti umat Buddha kepada Sangha.Sangha merupakan lapangan untuk menanam jasa yang tiada taranya.Sangha merupakan pewaris dan pengamal Buddha Dhamma yang patut dihormati. Hari Kathina disebut juga dengan hari dana karena pada hari tersebut para umat diberi kesempatan berdana kepada para Bhikkhu Sangha setelah para Bhikkhu memasuki masa Vassa selama tiga bulan di suatu Vihara atau tempat tertentu.Pada hari Kathina, umat Buddha mempersembahkan jubah dan perlengkapan lain yang merupakan kebutuhan pokok para Bhikkhu Sangha. Masa Vassa hanya dijalankan oleh anggota Sangha satu kali selama setahun, maka dari itu, sangat disayangkan jika perayaan Kathina dilewatkan oleh para umat Buddha karena pada Hari Kathina para umat Buddha bisa menanam benih-benih kebajikan dan menumbuhkan karma baik melalui berdana kepada para Bhikkhu Sangha.

Berdasarkan peristiwa penting yang terjadi dibulan Kathina tersebut, kami segenap panitia dari Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Buddha Dhammasena Universitas Trisakti mengadakan kegiatan ¡°Perayaan Hari Kathina 2559 B.E. / 2015¡± yang dilaksanakan pada hari Minggu, 08 November 2015 di Auditorium Gedung D, Lantai 8, Kampus A, Universitas Trisakti, Grogol, Jakarta Barat. Tema yang diangkat pada acara ini adalah ¡±Bahujanahit¨¡ya Bahujanasukh¨¡ya, Hidup Untuk Kesejahteraan dan Kebahagiaan Makhluk Lain¡±. Acara ini sangat ditunggu-tunggu oleh berbagai kalangan, baik umat Buddha Universitas Trisakti maupun umat Buddha kalangan umum karena melalui acara iniselain dapat berdana secara langsung kepada para Bhikkhu Sangha, kita juga dapat menanam kebajikan, memperoleh karma baik, dan dapat memperluas jaringan untuk berkenalan dengan umat Buddha lainnya baik alumni Universitas Trisakti maupun pihak di luar Universitas Trisakti.

Pada perayaan hari Kathina kali ini akan dihadiri oleh para Sangha dari berbagai aliran, seperti Teravada, Mahayana, dan Tantrayana. Kami juga menyediakan paket-paket parsel dimana umat dapat membeli parsel tersebut untuk kemudian diberikan kepada para Sangha.Ada beberapa rangkaian acara dalam perayaan hari Kathina kali ini. Diawali dengan pembacaan Dhammapada, dilanjutkan dengan prosesi, puja bakti, Dhammadesana, sangha dana dan pemercikan air. Dhammadesana kali ini akan dibawakan oleh Y.M. Bhikkhu Jagaro Mahatera dengan mengambil topik yang berkaitan dengan tema kali ini. Acara juga nantinya akan diselingi dengan beberapa acara hiburan, seperti singing dan dance.Hari Kathina atau Katihna Dana merupakan hari yang penuh berkah dengan berdana kepada Sangha. Dengan menanam bibit kebajikan melalui dana tentu akan membuahkan karma baik suatu hari nanti.