Dhammasena Photo Gallery

KKD-LC / Keluarga Kecil Dhammasena-Leadership Camp

KKD-LC / Keluarga Kecil Dhammasena-Leadership Camp (16-18 Juni 2015)

Kegiatan KKD-LC (Keluarga Kecil Dhammasena-Leadership Camp) merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan pada setiap akhir kepengurusan Dhammasena, sesuai dengan namanya yaitu Leadership Camp kegiatan ini bertujuan untuk mendidik dan melatih anggota Dhammasena agar menjadi calon pemimpin yang berkualitas baik secara spiritual maupun secara intelektual agar dapat membawa kemajuan bagi Buddha Dhamma.

Kegiatan Leadership Camp kali ini berbeda dengan yang sebelumnya, karena pertama kalinya diadakan di sebuah bumi perkemahan. Begitu tiba di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango peserta harus berjalan melewati medan yang cukup menantang untuk sampai di bumi perkemahan Mandalawangi, satu-satunya penerangan hanya berasal dari senter yang dibawa oleh masing-masing peserta.

Setelah melewati jalur yang cukup gelap tersebut peserta tiba di lokasi perkemahan, namun mereka masih harus membangun tenda masing-masing untuk melatih kemandirian mereka. Setelah selesai membangun tenda, kegiatan dilanjutkan dengan menyusuri hutan yang gelap untuk menemukan pos delapan bidang yang ada di Dhammasena. Di setiap pos pengetahuan mereka akan di uji berdasarkan bidang yang menempati pos tersebut.

Keesokan harinya peserta ditantang untuk membuat sebuah proposal kegiatan beserta dengan tema dan anggaran dana yang bertujuan untuk melatih peserta untuk berpikir secara kreatif dan dapat membuat suatu acara yang berkualitas. Lalu dilanjutkan dengan permainan yang melatih mental kepemimpinan dan daya nalar serta kekompakan mereka yang dilakukan di alam terbuka.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pendakian menuju air terjun Cibereum yang bertujuan untuk menguji stamina serta kekompakan para peserta, jalur pendakian yang harus dilewati berjarak 2,8 Km dengan medan yang menanjak. Makna dari pendakian ini adalah untuk mendapatkan sesuatu yang berharga, kita harus berjuang atau berusaha untuk mencapainya dengan semangat pantang menyerah.

Setelah sampai di air terjun Cibereum, kegiatan Leadership Camp pun mencapai puncaknya dan dilanjutkan dengan kegiatan Keluarga Kecil Dhammasena yang bersifat lebih bebas, setelah selesai bermain dan berfoto di air terjun peserta kembali ke lokasi perkemahan untuk bersih-bersih diri. Pada malam harinya terdapat sesi sharing dengan duduk mengelilingi api unggun dibawah langit yang bertabur bintang.

Pada sesi ini peserta merasa mendapat manfaat yang positif dari rangkaian kegiatan yang telah dijalani selama dua hari ini dan berharap agar kegiatan ini terus diadakan di setiap akhir kepengurusan Dhammasena agar dapat membantu mengembangkan karakter serta menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan semangat dalam berorganisasi.

Demikianlah rangkaian kegiatan KKD-LC tahun ini, semoga para peserta dapat menjadi prajurit Dhamma yang sejati dan mampu membawa kemajuan bagi Buddha Dhamma di masyarakat luas khususnya di lingkungan kampus Universitas Trisakti.